27 Okt 2008

Silly Conversation

Adegan 1 
Di Kartini, diskusi menggelinding pada sebuah arena ketangkasan bowling. Pak Mangku yang pemikir (maksudnya, mau apa apa mikir dulu... kadang kelamaan) beradu cawa dengan pemuda asoy berusia duapuluhempatan.  Pak mangku yang tiga tahunan lebih uzur dari pemuda asoy mendominasi perbincangan dengan tema tema pengalaman seksualnya, dari tata cara merayu pasangan sampai penggunaan alat v!t@l ( jah!!!!) , vulgar, dijabarkan segamblang gamblangnya. Maklum, sekarang kan era keterbukaan. Pak mangku Rigid sekali mambangun narasi, menerkam mata lawan bicara, menanam opini dia punya ke pikiran si pemuda. 

Pak Mangku tak puas hanya menunjukkan betapa digdaya dirinya. Dia seperti ingin menertawakan ketidakmemadaian si pemuda asoy di bidang yang sedang menjadi topik pembicaraan. Perbincangan itu pada akhirnya berujung pada kesimpulan nyeleneh.. 

"@*$^!! Tahun 2008 kok cuma dipake buat kencing @*$^!!" kata Pak Mangku dengan lantangnya... 

hening sejenak... 

tiba-tiba si pemuda merasakan seperti ada gelegak dalam usus duabelasjari. Inspirasi telah datang kepadanya. Buru buru pamit dirinya pulang ke rumah. 
sesampai dirumah si pemuda asoy meraih pakaian kotor yang menumpuk, membawa ke kamar mandi dan mulai mencuci....

DI KLOSET!!!

Adegan 2

Talang Atas, Teluk Betung 1978, Era Pembangunan si Bapak... Bujang Asoy asik manggut-manggut mendengar Travolta dari compo yang di jinjingnya :

... Never gonna fall in love again
I don´t wanna start with someone new
´Cause I couldn´t bear to see it end
Just like me and you...

Di sudut taman hampir luput dari pandangan.. terpampang spanduk kusut dengan font beraliran art-deco cetak tebal mantab bertuliskan:
"AYO JAGA PERGAULAN DENGAN IMAN"
 

30 tahun selanjutnya di tempat yang sama di era keterbukaan. Bujang kusut dengan celana cungkring mantab dengan I pod Shuffle menggantung di pinggul celana hampir melorot asik bersenandung Dewa: 

..... Aku sedang ingin bercinta karena
 Mungkin ada kamu disini 
Aku ingin!!.....

di sudut yang kini tak lagi luput karena sudah menjelma dept store terpampang mantab spanduk berbunyi:
"MARI SELAMATKAN PERGAULAN DENGAN KONDOM" 

0 komentar: